Senin, 22 April 2013

smartphoe khusus tuna netra

SmartphoneKecanggihan teknologi ternyata tidak hanya bisa dicicipi oleh kaum normal. Para penyandang cacatpun kini pisa menggunakan perangkat elektronik, misalnya Tuna Netra. Walau mereka dilahirkan dengan kekurangan, tapi disisi lain mereka layak diberi kebutuhan seperti memiliki sebuah smartphone.
Penemuan terbaru ini ditujukan untuk para penyandang tuna netra, sebut saja Sumit Dagar seseorang berkebangsaan India. Tentunya, ponsel yang satu ini tidak dibekali alfabet biasa, melainkan memakai huruf braille. Jadi mereka bisa membaca SMS ataupun email melalui perangkat ini.
Smartphone Untuk Tuna Netra India Ciptakan Smartphone Khusus Penyandang Tuna Netra
Uniknya, Dagar mengklaim bahwa smartphone dengan bantuan huruf braille ini adalah perangkat pertama didunia yang ditujukan untuk para tuna netra. Apalagi dirinya juga mengklaim bahwa dalam masa uji coba, respon yang diterima amat tinggi.
Tapi sampai saat ini, dirinya masih menginginkan smartphonenya kelak lebih dibekali dengan fitur-fitur yang menawan dan canggih. Lalu apa teknologi yang tersemat didalamnya? teknologi perangkat ini disebut sebagai Shape Memory Alloy. Kita tak mungkin menemukan layar yang setara dengan ponsel pada umumnya, karena pada perangkat buatannya menggunakan layar dengan beberapa pin yang mampu naik turun dan akan menampilkan huruf braille tersebut.

sumber berita: www.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar